Wedding Preparation – Hunting Venue

Ini post pertama gw soal wedding preparation, tp sebelum cerita soal wedding2an, gw ceritain sedikit soal kisah percintaan gw dan Tre. #ihiy… gimana kita ketemu? awalnya kita kenal di salah satu Komsel (persekutuan anak muda gereja), kalau di gereja gw JPCC dinamainnya “Date”. Gw join Date tahun 2012. Dan gw ketemu Tre disana, awalnya biasa aja, nothing special. Dulu gw panggil dia itu “Koko” karena dia lebih tua 6 tahun dr gw. Dan gw anggap dia sama dengan koko2 yang lain yg ada di date itu. Tapi lama2 kita deket, nyambung, n suka jalan bareng. #Dia Itu Modus, Suka ajak gw jalan n makan keluar, plus telponin n BBMin gw tiap ari# oops wkwkwk.. dan setelah deket sekitar 1.5 tahun. Akhirnya kita jadian di bulan Agustus 2013. Berarti kalau diitung sampai bulan ini, udah 2 tahun 8 bulan lah ya.

Nah.. untuk wedding preparation, selama ini kita gak pernah serius bahas soal weddingan, apalagi keliling dan cari tau harga atau tempat yg cocok buat married, ga pernah! Paling kalau ngobrol soal married cuma sekedar singgung2 aja sekelewatan gitu. Ga pernah ditanggapin serius. Tapi gw rasa ini waktu yang pas untuk siapin wedding kita, karena waktunya sekitar 1 tahun lagi. Lagian biar bs santai2 juga milihnya, gak keburu2.

Persiapan wedding gw secara resmi dan serius mulai digarap tgl 13 maret 2016 (maap ini latepost), di hari ini kita niat untuk keliling gedung, buat liat ballroom sebagai calon2 venue kita.

Untuk menekan budget, kita pikir kita weddingnya weekday aja, tapi cari yang tanggal merah. Siapa tau weekday lebih murah. Dan kita ber2 pun bukan tipe orang yang hitung2 tanggal baik. Semua tanggal adalah baik. Jadi gak masalah mau married tanggal berapapun. Tapi ternyata banyakan venue memberikan harga yang sama untuk weekend dan weekday tanggal merah karena dianggap holiday jadi harga gak beda. *pupus harapan* (tapi masih berharap ada venue yang kasih discount buat weekday tgl merah, amin)

Hr ini kita keliling ke beberapa tempat untuk survey ballroomnya langsung. Karena kita prefer deket2 daerah Jakarta barat atau Jakarta utara. Jadi survey dimulai dari sana

  1. Grand Taruma ballroom, UNTAR

Ini adalah kampus gw, kayaknya gimana gitu yah kalau udah kuliah disini 4 tahun, trus gw married disini juga. Agak2 aneh ga sih, atau emang gw aja yang lebay.Haha.. karena Tre bilang ga ada salahnya diliat, akhirnya kita mampir untuk liat kesini. Ballroomnya di lantai 21 gedung baru kampus 1 UNTAR. Banyak capeng yang pakai ballroom ini untuk wedding, pas kita datengpun, ruangan ini lagi di dekor buat marriedan ntar malem. Kita dateng sekitar jam 2 siang. Ruangannya lumayan, modern dan banyak kaca2 bening sehingga kita bisa liat pemandangan diluar, tapi kalau buat gw pribadi ini ruangan bentuknya lebih memanjang dan agak sedikit “L”. Dengan lebar yang ga terlalu besar, membuat gw kurang sreg dengan venue ini, karena kesannya di kanan kiri panggung itu sempit yah. Untuk paket standar, vip table keluarga cuma disediain 2 table dan nyempil gitu dipinggiran, sedangkan gw butuh 6 table untuk family.

  1. Hotel Peninsula Slipi

Pas kita kesana gak ketemu dengan marketingnya, karena hr minggu jadi lagi pada off. Dan salah kita juga sih gak janjian. Gw liat2 sendiri ke ballroomnya yang di lantai dasar, ballroomnya bagus, modern, berkarpet dengan ceiling tinggi. Terkesan cukup mewah. Luasnya juga cukup dengan undangan gw kurang lebih 500 undangan. Lumayan tertarik, tapi ntar tunggu cek harganya dulu, masuk budget apa gak, kl diliat dr ballroomnya kayaknya mayan mahal nih. ^o^

  1. Ibis slipi

Gw jarang denger sih ada orang nikahan di IBIS SLipi, tp karena kita lewat jadi kita mampir aja. Marketingnya jg gak ada, jadi kita cuma ditemenin sm mas2 hotelnya untuk lihat2 ballroom. Dibawa ke yang indoor, dia bilang ruangannya hanya kapasitas 350 orang. Yahh.. ga muat ini mah. Pas dilihat benar saja ruangannya kecil dengan ceiling rendah, sepertinya lebih cocok di gunakan untuk seminar.

Selain ruangan indoor, mereka juga ada ruangan outdoor, yaitu di bagian swimming pool, disini kapasitas 400 orang. Lumayan sepertinya, bagian café sampai area kolam renang dapat dipakai, cocok untuk yang mau intimate wedding. Cuma kayaknya kurang cocok kalau banyak orang tua nya atau anak kecilnya, takut jatoh atau nyemplung ke kolam. Namanya juga outdoor, jadi lantainya gak rata kayak di ballroom, pasti ada anak tangganya.

  1. Vida ballroom, Kebon Jeruk, Jakbar

Gedung baru di daerah kebon jeruk. Lagi in juga nih, banyak yang weddingan disini. Waktu kita kesana, pas banget ketemu dengan marketingnya namanya Ko Marcel. Disini untuk weekday tanggal merah harganya juga gak bisa lebih murah dr weekend. Dikenain sama persis, cuma gw dapet bonus lebih banyak aja seperti wedding cake dan minuman rasa buah.

Untuk ballroomnya cukup modern dengan ceiling yang cukup tinggi, Cuma gw kurang sregnya adalah, terdapat 2 ruangan yang terpisah, jadi gw ga bisa liat seluruh tamu gw, karena ruangan terpisah kita harus menyebrangi lift dulu untuk menuju ruang yang 1 nya lagi. Kurang terkoneksi.

  1. Swissbell Mangga Besar

Dari sisi lokasi sejak awal Tre kurang suka. Tapi akhirnya kita mampir juga untuk liat. Marketingnya ga ada juga, jadi cuma liat sendiri ke ballroomnya di lt 6 ya kalau ga salah. Dan ternyata besar sekali. trus ruangan agak terpisah juga, di pisahin oleh pintu dan sekat2, dan lumayan banyak kolom yang cukup besar. Harganya pun mahal ya, over budget.

  1. The Ballroom, Gedung kobexindo. Ancol

Kita nyampe uda lumayan gelap sekitar jam 6, untung marketingnya masih ada. Kita liat ke ballroomnya, keluar dari lift langsung ketemu void dengan ukuran lumayan. Dan banyak kaca2 sehingga dapat melihat pemandangan diluar, di void ini  juga bisa dipakai untuk taruh2 stall makanan, kemudian langsung menghadap ke arah ballroom utama. Ukuran sekitar 20 X 30 mungkin ya, sepenglihatan gw kayanya kurang besar ya. Tapi katanya ballroom ini muat 800 orang. Parkir luas, dan untuk wedding disini hanya melayani 1 pengantin, jadi parkir khusus buat kita. Gw lumayan tertarik sama yang ini karena dari segi lokasi juga cukup oke.

Paket Full Rp 89,000,000
Ruang Resepsi full carpet dengan view laut
Prasmanan 400 porsi (6 menu)
2 buku tamu + 2 tempat angpao + Meja Penerima Tamu + Bunga fresh
Dekor Standart, Wedding bell +6 standing flower
ICE Carving Initial Pengantin
MC, Singer, Keyboard + Sound System
Bridal, Hand Bouquet, Corsage, Jas Pengantin, Kue Pengantin, Mobil pengantin, Foto Tudio (ini semua berupa voucher yang dapat di gunakan di vendor rekanan)
Bonus :
1 ekor kambing guling, 1 galon ice cream, 100 porsi somay bandung, 5 bebek panggang, 100 porsi dim sum, 100 porsi spaghetti
2 botol sparkling wine
Voucher menginap 1 mlm di hotel Orchad
Honeymoon di hotel rekanan, Kuta Bali (3 hari 2 malam) (ga termasuk tiket pesawat)
Dan beberapa bonus lain yang gak terlalu significant
  1. Putri Duyung Cottage Ancol Ballroom, Candi Bentar Hall.

Kalau venue yang 1 ini gw liatnya udah beberapa bulan lalu. Disini harga untuk weekend dan weekday bisa beda lumayan jauh (walaupun weekdaynya tanggal merah ya, tetep dapet harga khusus). Karena liat venue ini lah gw jadi kepikiran mending wedding weekday aja kl bisa neken budget kan lumayan.

Liat ruangannya lumayan suka, luas dengan ceiling 7 meter. Ini cukup banget jadi kesannya lega. Bisa nampung sampai 1500 orang katanya. Dan dia ada semacam void yang langsung menghadap ke laut, void ini juga bisa kita pakai untuk taruh makanan dan stall2.

Yang agak meragukan adalah parkirnya, karena ga ada gedung parkir, jadi parkirnya yah di jalan depan ballroom dan memanjang terus sampai depan2 cottage putri duyung nya, yang mana mungkin buat tamu jadi cukup jauh jalannya kalau parkir disana.

Paket yang ditawarkan itu sudah termasuk tiket masuk ancol sebanyak 500 tiket. Karena at least gw perlu setidaknya 500 undangan x 2 orang = berarti 1000 tiket masuk. Jadi gw kudu nambah 500 tiket masuk lagi. Dan kalau nambah, dikenakan biaya lagi per tiketnya kalau gak salah 20rban. Ini akan jadi cost lagi buat penganten yang niatnya neken budget kayak gw. Hikz..

Jadi pilih venue mana ya.. masih bingung, sumpe nentuin tempat aja emang bikin galau banget. Ntar dipikir2 dulu. Semedi dimulai..

One thought on “Wedding Preparation – Hunting Venue

Leave a Reply

