Trip to Bangkok – Pattaya – Koh Lan Island (Part 1)

Hai hai.. gw baru pulang dr Bangkok nih, seperti biasa cerita perjalanan akan di update disini. Tapi karena kali ini gw perginya 1 minggu, jadi report ceritanya gw bagi 2 part yah.

Lagi2 menghabiskan sisa cuti kantor gw yang kalau gak dipake bakal gosong. akhirnya gw pergi tanggal 14 april – 20 april 2016. Rute kali ini Bangkok – Pattaya – Koh Larn Island. Personel kali ini 4 orang yaitu : Gw, Tre, Faus and Ferry.

Kenapa gw berangkat tanggal 14 april? Karena gw pengen ngerasain yang namanya Songkran, yaitu perayaan tahun baru di Thailand dengan cara main siram2an air di jalan, Songkran ini di rayakan setiap tanggal 13 – 15 april di bangkok. Kalau untuk kota2 lainnya di Thai ada yang merayakan sampai 1 minggu lamanya. siram2an air ini menandakan melimpahkan berkat kepada orang lain, jadi kalau yang disemprot ga boleh marah. Dan kita harus siap2 basah dan pastinya pasrah.

Tiket pesawat Airasia PP 2,1jt, lumayan mahal ya mungkin karena lagi festival Songkran disana. Kita berangkat dari Jakarta tgl 14 April sore, pesawat kita jam 16.30 dan ternyata delay 1 jam. Sampai di Don Muang Airport sekitar jam 9 malam. Airportnya gak gitu besar, dan kita beli simcard dulu seharga 299Baht atau Rp 114,000 (pas gw kesana rate nya 1 Baht Rp 380), simcard ini sudah bisa aktif selama 7 hari.

Hari ke 1 (Kamis, 14 April 2016)

Keluar dari bandara gw sarankan jangan naik taksi dari counter taksi di dalam bandara, karena akan kena biaya lagi, sama kyk kita ambil taksi dr bandara Soeta, ada kena cas 20rb kan tuh diluar argo. Jadi buat kamu yang mau repot sedikit, jalan ke depan aja, gak jauh kok, naik taksi dari sana. Dan bilang pake meter (argo), jangan mau kalau dihargain borongan, karena itu sudah pasti diketok harganya bs 2 kali lipat.

Karena kita ber4 jadi naik taksi worth it banget bs patungan, kalau sendiri jatohnya jadi agak mahal ya. Kalau gak mau naik taksi, katanya bisa juga naik bus, cm gw kurang ngerti juga kalau naik bus arahnya kemana.

Kita sampai di hotel Ratchada Point Hotel, kita nginep disini selama 3 malam pertama, hotel ini kita book via Agoda semalamnya Rp 713,000 (family room muat 4 orang tanpa breakfast), kamarnya terdiri dari 2 lantai. Kasur yang di lantai 2 besarrrrr bisa muat ber3, Kasur yang di lantai 1 itu bisa muat ber2 karena berbentuk sofa bed. Disini disediakan Kulkas, mini kitchen, TV, Toilet + shower air panas, Cuma AC yang di Lantai 2 nya agak panas, mungkin karena ruangan atas terlalu besar. Overall hotelnya ok sih, Lokasi deket banget sama MRT Suttishan. Tetapi untuk yang tujuannya belanja n shopping2, gw gak sarankan nginep di hotel ini karena lmyn jauh, sekitar 30 – 45 menit menuju daerah siam dan pratunam. Plus ntr jadinya mahal di ongkos.

20160414_232136

Welcome Drink

Lobby Hotel

lantai bawah, maap agak burem

20160414_221411

lantai 2

Selesai check in dan taro barang, kita jalan sedikit dari hotel, cari makan di pinggir jalan, jadinya kita makan pad thai 50 baht (20rb) dan jajan sate babi (40 baht). Abis makan balik ke hotel lagi karena uda malem. ngantuk hoammm

Pad Thai Pinggir Jalan

Hari ke 2 (Jumat, 15 April 2016)

Hari ini jadwalnya mau ikut Songkran di Kao Shan Road (denger2 kalau Songkran paling rame di khao san road sm silom road), berangkat dr hotel kita sudah siap basah. Pakai baju warna gelap biar ntar ga tembus pandang, pakai celana pendek yang gampang kering. Masukin dompet dan hp di tas anti air (tas anti airnya kmrn minjem sama James pas sebelum brgkt, thanks loh James).

Dari MRT Suttishan kita naik MRT ke Stasiun Hua Lampong, ini stasiun yang paling deket sama Khao San Road. Sampai sana sekitar jam 12 siang, nanya orang sekitar sini katanya songkrannya itu sore sekitar jam 3 atau 4 an. Jadi dr Stasiun Hua Lampong, kita jalan kaki aja dulu ke China Town sekalian cari Lunch. Ternyata di china town banyak toko yang tutup, karena hari ini dianggap hari libur mereka. Hanya ada beberapa jajanan makanan di pinggir jalan, jadi kita makan itu. Tapi enak juga loh, seporsi sekitar 40 baht saja.

Kelar dr china town kita menuju Khao San Road, karena lumayan jauh jadinya kita putuskan untuk naik taksi aja, berentiin beberapa taksi mereka maunya borongan dengan harga 100Baht. Kita kekeuh cari taksi yang mau pake argo, dan dapett.. ternyata sampai khao san Cuma 50baht saja. Huh.. banyak yang getok ni sopir taksinya, pokoknya jangan mau kalau dikasih harga borongan!

Khao San road itu cm 1 gang yang isinya cafe2, resto, club and tukang dagang di pinggir jalan. Banyak hotel murah di sekitar sini jadi banyak turis backpack yang stay disini, padahal kata gw sih gak gitu enak ya daerahnya. Tetep pratunam & siam itu lokasi paling strategis buat stay.

20160415_124104

7 things to do in Khaosan Road

Menelusuri gang ini, dagangan yang dijual juga gak murah loh, harganya harga turis. Jadi gw ga belanja apa2. Kita Sempet makan Mcd dulu disini, gw pilih menu burger samurai pork set, secara burger babi ini ga ada di indo, jadi kudu banget di coba.

Cm karena semua orang bawa pistol air dan nembak2in gw, gw jg mesti beli nih pistol air. Harganya start 100Baht – 500baht. Tergantung besar kecilnya pistol yang dipilih, dan isi airnya juga gak gratis loh. Banyak yang beli botol air mineral buat isi pistol mereka, sayang banget kan. Kalau gw sih, si Tre rela bolak balik ke WC (bayar 5 baht) demi isi pistol air kita dan botol kosong buat cadangan. Haha

Perang air cukup seru, gw sampai basah kuyup. Kalau gw liat banyakan yang perang air disini adalah turis kayak bule2 gitu, bukan orang lokal. Tapi katanya lebih seru hari pertama (tgl 13 april), krn gw ini hr ketiga jadi udah lebih sedikit yang main Songkran. Dan pistol gw itu kecil banget kayak mainan buat anak 3 tahun, gambar mini mouse pula. Haha.. Jadi kl gw tembak ke orangpun kaga berasa juga tuh air keluarnya dikit banget seiprit2. Udah puas main airnya, pulang ke hotel naik taksi. Untung sopir taksinya kasih kita basah2 naik ke mobilnya dia.

Nyampe hotel kita beres2 dulu.. mandi istirahat bentar, langsung jalan lagi.. #kakibeton

Kita ke Central world, naik MRT terus nyambung naik BTS ke Stasiun Siam. Muter2 di dalem central world trus kita makan di resto Thailand, namanya YUM SAAP. Kalau di Indo kayaknya resto ini semacam Solaria karena ada dimana2. Menunya pasti masakan thai yang asem2 pedes seger. Si faus demen banget sm ni resto, cocok sama lidah dia.

20160415_210643

Gak inget namanya

Kelar makan dan muterin central world, ferry n faus memutuskan balik ke hotel. Dan gw masih gatel pengen keliling, jadinya gw and tre jalan kaki menuju Palladium night market. Jalan kaki sekitar 15 menitan. Banyak yang jualan disini dari mulai baju sepatu sampai pernak Pernik handmade, modelnya digelar dibawah gt khas pasar malem. gw cm beli kepala kunci yang lucu2, untuk baju2nya ga tau kenapa ga ada yg gw demen. Bagus deh irit. Haha

Hari ke 3 (Sabtu, 16 April 2016)

Tentunya karena ini hari sabtu, kita ke Chatucak donk. Weekend market yang Cuma buka sabtu dan minggu. Kalau naik MRT turunnya di Chatucak Park, kalau naik BTS turunnya di BTS Mo Chit.

Target gw kesini adalah beli celana pendek jins yg murmer2, kalau hoki bisa nemu yg 100baht. Dan gw dpt donk beberapa ^_^ walau ternyata ada yg ga muat karena disana ga bisa dicobain. #GembrotYaGw

Disini bisa belanja baju cewe dan cowo banyak pilihan, pernak Pernik kayak anting2 dan kalung, kacamata, souvenir, sampe cemilan n makanan thai yang enak2. Jangan lupa cobain mango sticky rice dan coconut ice cream nya ya.

Abis dari chatucak kita langsung menuju Pratunam, naik apa? Kita naik taksi lagi. haha.. jalan2 kali ini agak manja naik taksi mulu, tapi krn ber4 sebenernya jatuhnya sama aja kayak naik MRT. Ya udah mendingan naik taksi gak pegel plus adem.

Keliling pratunam, kok beberapa ada yang tutup ya tokonya. Cuma tetep aja namanya cewe masuk pratunam market sih seneng2 aja ya. Tiap toko gw masukin n beli beberapa baju yang gw demen. di Pratunam ini cukup murah, tapi kalau beli satuan ga bs diskon banyak. Sebel deh akh.. Di pratunam ini kita misah, si Ferry memutuskan untuk pulang ke Hotel (cape kali ya dia), sisa kita ber3.

20160416_144041

penampakan pasar pratunam

20160416_155857

Jembatan nyebrang dr pratunam ke platinum

Kelar dr pratunam, gw nyebrang ke Platinum. Lebih adem ya di platinum mirip mangga dua. Jadi belanjanya pun lebih enak. Gw temenin Tre ke tempat man zone yaitu di lantai 5, dan dia beli beberapa kaos. Kita jg sempet beli baju couple yg rencananya bakal kita pake pas prewed nanti. Di Platinum ini kita misah lagi sama Faus, karena dia mau janjian ketemu sm temennya orang thai, sisa gw n Tre deh.

Kelar Keliling2 Platinum.. buset kaki pegel banget tak terkira. Gw menyerah dengan berenti dan duduk di store minuman kyk chatime gitu.

Pegellllllll ^_^

Pegelnya udah agak ilang, kita memutuskan menuju MBK, Mbk ini adalah mall yang banyak jual souvenir dan cemilan Thailand. Di lantai atasnya ada toys shop gitu. Karena Tre penggemar mainan (snoopy) jadi kita kudu kesana. Puter2 di MBK gw bener2 udah ga tahan pegelnya, akhirnya gw duduk aja di 1 bangku nungguin tre keliling2 mall cari mainan yang dia mau.

Kelar itu tenaga kita uda abis plus laper, karena gw n tre adalah penggila sushi, akhirnya kita putuskan buat dinner di salah 1 restoran sushi. Namanya Sushi Boy. Skalian cobain sushi di Thailand enak gak ya..

Ternyata enakkkk… gw ber2 makan abis sekitar 500an Baht. Ramen tom yumnya enak banget, perpaduan antara Japanese n thai. Trus wasabi nya sadis banget pedesnya. Padahal kita kalo di indo, makan wasabi banyak ga ada pedes2 nya.

20160416_194840

Sushi Boy.. Enak!

Tom Yum Ramen

Kelar makan uda menunjukan pukul stngah 9 malem, kita masih blm mau pulang. Jadi kita jalan kaki dari MBK ke Siam Square One mau ke toko mainan (lagi). jalan kaki sekitar 10 menit. Ternyata di siam square one ga nemu mainan yang di mau, jadi kita nyebrang deh ke mall Siam Paragon, liat toko mainan lagi trus ke toko buku kinokuniya. Karena tre selain suka mainan snoopy, dia juga pengkoleksi buku2 yang gw kaga ngerti. Haha.. lepasin aja deh dia di toko mainan or toko buku, pasti anteng. Anteng ya bukan ganteng!

Jadi hari ke 3 ini banyak bgt tempat yg di datengin yaitu : Chatucak – Pratunam Market – Platinum – MBK – Siam Square One – Siam Paragon. Hasilnya?? Segambreng tentengan di tangan, plus kaki mo copot.

To be continued ke Part 2 —-

One thought on “Trip to Bangkok – Pattaya – Koh Lan Island (Part 1)

1. Pingback: Trip to Bangkok – Pattaya – Koh Lan Island (Part 2) | Selfiyanda's Blog