Trip to Bangkok – Pattaya – Koh Lan Island (Part 2)

Sesuai janji, ini artikel lanjutan jalan2 gw ke Bangkok (part 1) kemaren, yang belum baca part 1 nya bisa cek di sini Trip to Bangkok – Pattaya – Koh Lan Island (Part 1)

Lanjuttt…

Hari ke 4 (Minggu, 17 April 2016)

Setelah 3 hari kemaren kita di Bangkok, hari ini jadwal kita berangkat ke Pattaya. Kita akan menginap di Pattaya selama 2 malam.

Untuk memudahkan kita, jadi kita cuma bawa beberapa baju aja taro di ransel. Barang2 lainnya taro di koper dan kopernya kita titipin di receptionist hotel di Bangkok (Ratchada Point Hotel), karena ntar pas abis dari pattaya kita bakal balik lagi ke hotel ini buat nginep 1 malam terakhir di Bangkok sebelum pulang Jakarta.

Kita jalan dari hotel sekitar jam 10an. Naik taksi menuju Victory Monument, karena kita akan naik Van menuju Pattaya, sedangkan pull Van itu banyak di daerah victory monument. Van itu muat sekitar 14 orang, jadi kita akan digabung dengan orang2 lain juga. Tarif naik Van 100Baht/orang.

Van yang kita naikin gak gitu penuh, mungkin sekitar 10 orang saja, dan ternyata mereka semua pada berenti di tengah jalan. mungkin ada semacam pos2 pemberhentian gitu ya. Sisa kita ber4 doank yang sampai ke Pattaya nya, akhirnya kita book aja tuh mobil agar mau anterin kita sampai depan hotel. Disuruh bayar lagi 150baht, ya udahla ga apa2 kan bisa patungan, daripada kita diturunin di terminalnya dia yang entah dimana berada. Perjalanan dari Bangkok ke pattaya sekita 2,5 jam.

Sampailah kita di Hotel, namanya The Winner by south beach, ini sebenernya bukan hotel sih tapi kayak apartemen gt. Pas kita sampai sana gak ada receptionistnya (dimaklumin deh karena ini kan bukan hotel ya), jadi kita harus tlp ke nomor yang ada di voucher yang kita cetak dr agoda, trus dalam beberapa menit pengurus apartemennya dateng ke lobby (yang ternyata adalah bule Rusia, dan taunya kantor mereka itu ada di belakang hotel). Baru deh kita bs check in.

Room nya lumayan, bersih, disediain 1 kamar dengan 1 double bed. Ruang tamu disulap jadi kamar juga dengan 1 sofa bed (bs buat ber2). Yang gw suka disini lengkap, Acnya dingin, ada kulkas yg lumayan gede, ada kompor listrik (bisa masak donk disini), mangkok dan piring, kamar mandi lumayan gede, shower air panas, ada balkon, jemuran handuk, sapu, pokoknya berasa dirumah deh. Dilantai paling atas juga ada kolam renangnya loh. Sayang kita ga sempet nyobain kolamnya. Yang gw kurang suka adalah lokasinya ternyata jauh dari tempat hiburan alias walking street dan juga pantai.

Kita nyampe sekitar jam 2 siang, dan gw kelaperannnnn.. akhirnya gw buru2 keluar cari restoran deket hotel. Wuihhh kok banyak restoran Rusia ya, sepertinya di daerah sini banyak orang Rusianya. #BerasaNyasar

Lunch di salah 1 resto Rusia, rasanya biasa aja banget, dan harganyapun gak murah. Tp krn gw laper, ya uda ditelen ajalah.

20160417_144719

Nasi Goreng Nanas

Abis lunch, kita segera menuju Central Festival, ini adalah mall yang ada di sebrang pantai pattaya.

Ohiya sebelumnya kita uda di ajarin sm bule rusia (yg pny apartemen kita), kalau mau ke Pantai Pattaya naik songthaew aja (Kalau di indo sih kayak bemo versi bagus tapi kanan kirinya bolong gitu, jadi angin bisa masuk). Trus jangan nanya2 harganya berapa. Langsung naik aja ntar pas turun langsung bayar aja jauh dekat per orang 10Baht. Kalau nanya2 malah digetok ntar. Macam angkot di Indo nih kayaknya.haha..

20160417_152636

Naik Songthaew

Akhirnya kita naik songtheaw itu tanpa nanya2 dan langsung naik, berharap bemo keren ini ga bikin kita nyasar dan arahnya bener menuju pantai pattaya. Sambil liatin GPS, akhirnya kita nyampe di central festival, gak pake nyasar, cuma pake basah krn diguyur air dari pinggir jalan. orang2 pada nyiremin songtheaw yang lewat ga tanggung2 pake aer seember. Hikz.

Ohiya lupa bilang juga, jadi Songkran di Bangkok itu memang tgl 13 – 15 april, sedangkan ternyata di Pattaya ngerayainnya baru hr ini yaitu tgl 17 – 19 April. Kena jebakan batman deh.. kirain bisa jalan2 di pattaya tenang2 uda lewat Songkran, ternyata eh ternyata kena di guyur juga di jalan. huhuhu kan cape basah2an terus tiap hari.

Sampai di Central Festival, lumayan basah nih. Sambil kibas2 baju kita telusurin mall. Muter2 barangnya lumayan2 loh. Bs shopping jg disini. Kelar muter2 kita mampir ke salah satu café ice cream namanya Swensens, café ini di indo ga ada, padahal enak. Gw nyobain ice cream mango yang enak banget. Harganya 79Baht. Beneran enak, ketagihan..

Mango Ice Cream

Kelar makan es sekitar jam 5an, wah udah adem nih.. nyebrang akh ke Pantai Pattaya nya. Jadi keluar Mall itu sudah langsung Pantai. Kalau liat suasana disini, gw jadi inget Bali, mirip bener.

Di Pantai kita duduk dipasir, #iritdonk kalau duduk di bangku kan bayar# sambil menikmati deburan ombak dan sunset. Banyak yang nawarin cemilan2, akhirnya kita beli anak kepiting goreng. Banyak juga yg nawarin udang rebus yang ukurannya gede2 plus masih hangat, tapi gw ga beli Cuma ngiler doank.

20160417_180134

Anak Kepiting Goreng

20160417_184117

View Sunset, Cantik Ya!

Setelah puas duduk dipantai akhirnya kita balik lagi ke central festival. Buat cari dinner, dan kita dinner lagi di YUM SAAP, restoran Thai kesukaan Faus. Ni anak kayaknya cocok jadi orang thai deh, suka bener sama makanan Thai yg asemmm pedes. Gw pesen Mie dengan sedikit kuah, dan ada taburan seafood serta bakso diatasnya, namanya Yum Mama. dan rasanya.. lucu sih kayak nano nano, campur2 gitu asem pedes asin seger, tapi asemnya yang berasa banget. ini penampakannya..

20160417_195635

Yum Mama

Kelar Makan kita balik hotel deh, naik songthaew lagi. cape jg ya.. padahal Cuma ngemall. Ohiya persis di depan hotel kita itu adalah Pattaya Park, kalau malem disitu kayak night market, banyak yang jualan, ada makanan, souvenir sampai baju2. Sempet beli beberapa baju buat oleh2. Dan ada juga toko minuman gt buat nongkrong2, beer, wine sampe wishkey lengkap disana.

Hari Ke 5 (Senin, 18 April 2016)

Hari ini jadwal gw ke Koh Larn Island. Koh Larn Island itu semacam pulau yang gak gede2 amat, bisa kita jangkau dengan naik boat sekitar 1 jam saja. Gw berencana mengelilingi pulau ini karena disana 5 atau 6 pantai yang bisa dikunjungi.

Yang pergi ke Koh Larn island ini Cuma gw dan Tre. Ferry and Faus gak mau ikut katanya cape. Jadi mereka mau istirahat aja di apartemen katanya. He? Yakin kalian…?? rugi banget kl gak kemana2. Tp ya udahla ya, masa gw maksa2 anak orang. Haha

Akhirnya gw sama Tre berangkat lah ke Bali hai Pier. Ini adalah dermaga untuk brgkt ke koh larn. Naik ojek ke bali hai pier, 1 motor ber3, kita bayar 80baht. Hmmm kayaknya kemahalan nih, cm ya udahlah kesian abang ojeknya udah tua. #SokRoyal

Sampai di dermaga, kita beli tiket menuju Tawaen beach seharga 30baht/orang. Dari pattaya ke koh larn, sebenernya ada 2 jurusan yaitu Pattaya – Na baan Pier, dan Pattaya – Tawaen Beach.

Map Koh Larn Island

download

Schedule Boat

Gw pilih Tawaen beach karena kapal yang paling cepet berangkat yaitu ke arah sana. Daripada gw nungu lama2 di dermaga, mending gw ikut kapal mana aja yang jalan duluan. Plus gw denger2 ternyata tawaen beach itu pantai paling famous di koh larn island ini. Bule2 banyak berenang n berjemur disini.

20160418_101721

Penampakan Boatnya

Sampai di tawaen beach, wuihhh panasnya nyentrong ya. Untung gw bawa payung, jd bisa meminimalisasi sinar matahari yg kena muka. Tapi kalau kaki ga bs ditutupin, ampe perih kaki gw saking panasnya. Gw sarankan buat yg mau kesana untuk bawa topi or payung krn ngebantu banget.

Tawaen beach ini lumayan besar, dan rameee penuh sama bule. Banyak spot duduk dan payung2, yang kalau kita mau duduk disana bayar 100 baht per kursi. Akhirnya gw sama tre duduklah disana, kita sewa 2 kursi (include 1 payung besar tentunya).

Gw ga tahan banget sama panasnya jd kita duduk2 aja ngobrol, trus laper jadi pesen makan. Nasi goreng 100 baht. Abis makan, gw mulai ngiler sama pantainya, masa gw uda nyampe sini ga nyemplung sih. Haha.. akhirnya gw nyemplung jg deh berenang dipantai. Pantainya bersihhhh, airnya lumayan hangat, pasirnya halus, tp ombaknya kecil.. lautnya cenderung tenang. Kurang asik sebenernya, gw suka yg ada ombak, jadi bisa maen perosotan #apacoba.

20160418_120137

Sewa Kursi Pantai

Kelar berenang, kita beres2 bergegas mau menelusuri pantai lain di pulau ini donk. Rada bingung nih kita naik apa ya keliling pulau nya. Hmm.. kita jalan kea rah depan, coba2 tanya kalau sewa sepeda motor berapa. Katanya 300baht seharian. Cuma kita galau, perlu gak ya sewa motor sgala. Mana panasnya begini amat. Bisa kejemur gw seharian. Gak mungkin donk gw naik motor sambil pegang payung wkwk

Eh Ternyata ada songthaew juga disana yang mengkases beberapa pantai lainnya plus ke Na Baan port jg. Walau kita ga gitu ngerti ini songthaew arahnya kemana. kita naik aja deh. Sumpah pede jaya wkwk. Naik songthaew ini jauh dekat 40baht. Akhirnya kita naik dan ternyata pemberhentian pertama adalah Samae beach. Karena banyak yg turun, kita ikutan turun donk.. #latahan yak..  bayar 40baht dulu per orang.

Ohiya sekilas info.. pas di songthaew ini gw ketemu sama 3 cewe korea, dan yang gw amazing adalah mereka itu udah berenang di pantai dengan suasana yg panas terik begini, tapi kok make upnya masih utuh banget, kaga luntur sama sekali, kayak orang baru kelar make up. Bedak sm foundationnya masih nempel sempurna. Alisnya donk.. gw liat sih itu alis harusnya dia gambar pake pensil gt, tp bentuknya masih utuh bagus. Dan 3-3 nya mereka begitu, cakep! Keren banget yak! Gw jadi kayak orang norak merhatiin mukanya satu-satu, sampe gw liatin idungnya, kok mancung ya, wah ini pasti operasi dah #suujon wkwkwk.. pokoknya gw salut deh sm make up mereka, mang produk korea itu keren2 yak. =D dan ternyata tre sempet liat kantong / dompet / kotak make up mereka, ternyata peralatannya sejibun banyak bener. Okelah dimaklumkan!

Balik lagi ke Samae Beach, kita mampir kesini, duduk di pasir, biar irit kaga usah sewa bangku mulu. Terus kita coba nyemplung ke pantainya, pantainya sih gak sebersih Tawaen beach, dan ternyata pasirnya kasar. Bukan kasar malah menurut gw banyak karang2nya. Jadi sakit2 kalau napak kaki. Gw serem aja takut jatoh trus baret2 deh. Akhirnya gw mengurungkan niat untuk berenang disini, dan gw ajak Tre buat ke pantai lain aja.

Kita keluar dr pantai ini dan kita mau ke pantai Tien Beach, Pantai ini yang paling deket sama Samae Beach. Katanya jalan kaki cuma 5 menit. Emang sih Cuma 5 menit, tp kl disuruh jalan kaki di terik panas yg kayak gini, buset ini penyiksaan juga namanya. Ehhh,, mang Tuhan bae banget, kita diajak nebeng sama turis china buat naik songthaew yang mereka sewa private, kebetulan tujuannya sama mau ke Tien Beach juga. Puji Tuhan!

Nyampe di Tien Beach, gw liat pantainya bagus nih… emang ga sebesar Tawaen Beach, tp ini juga bagus bersih dan tentunya gak gitu rame. Jadi lbh kerasa private. Sejujurnya gw lbh suka pantai ini dibanding tawaen beach.

Pas nyampe kita haus banget, jadi kita duduk di café atau semacam warung kecil disini. Kita pesen 2 minuman, dan 1 crepes banana. Duduk2 bentar sambil ngobrol2, trus kita memutuskan buat berenag. Kita berenang disini lumayan lama, pasirnya halus, dan ada ombak2 sedikit. Enak deh pokoknya!

Karena udah jam stgah 4 sore, akhirnya kita memutuskan untuk udahan. Karena kita mengejar boat untuk balik ke pattaya, boat terakhir itu sebenarnya jam 6, berangkat dari Na baan Pier. Cuma ya kita cari aman aja ya, mending duluan drpd ketinggalan.

Tien Beach

Kita naik songthaew lagi menuju na baan pier, bayar 40baht lagi. jadi kalau diitung2 kita habis 160 baht aja untuk ber2 ngelilingin 3 pantai di pulau ini. Untungggg.. gak jadi sewa motor tadi.

Nyampe Na baan Pier, udah ada kapal yang mau berangkat menuju Pattaya, kita naik itu.. bayar lagi 30baht per orang. Kl dipikir2 gak mahal loh naik boat ini, skali jalan Cuma 12 rb. Okelah ya.

Nyampe di Pattaya kita jalan kaki ke Walking Street. Deket kok, dr dermaga ambil arah kiri langsung walking street. Walking Street itu jalan yang kalau malem ramai, banyak café resto, ada tukang dagang jg, byk tukang refleksi juga. Rame deh pokoknya kalau malem jalan ini ditutup untuk kendaraan, jadi cuma bisa jalan kaki, tapi kalau siang sepertinya sepi jadi mobil bisa lewat.

Suasana Walking Street

Ferry dan Faus nyusul kita ke walking street ini, dan ternyata mereka seharian ga ngapa2in, cm tidur n leyeh2 di apartemen wkwkw kebo kebo..

Setelah kumpul ber4 akhirnya kita menelusuri walking street ini bareng2, karena lagi ngerayain Songkran, jadilah kita disemprot2 sama orang2 sampe basah. Si faus malah sempet disirem sama org pake ember, jadi dia basah kuyub banget. Kesian faus.. haha

Menelusuri jalan dan akhirnya kita lapar. Lurus sedikit dr walking street masih banyak yg jualan, banyak jajanan pinggir jalan yg jual sate2an, nasi, pad thai dll.. kita bingung mo makan apa, akhirnya kita liat ada mall kecil dan kita masuk ke mall itu. Akhirnya kita memutuskan makan The Pizza Company, Pizza ini gw liat ada dimana2. Kayaknya kalau di Indo semacam Pizza Hut. Kita cobain pizza yg isinya seafood, ini dia penampakannya…

20160418_195700

Pizza Seafood

Abis kenyang makan, kita pulang ke apartemen. Cape booo.. khususnya buat gw n Tre yg uda keliling pulau seharian. Di hotel gw liat badan gw, busettt gw gosong banget, dan kulit belang. Plus perih gak karuan. Hikz.. ampe pas sekarang gw nulis ini, kulit gw masih belang dan kelupas2. gw berasa jadi kayak salak, yang kulit tipisnya bisa dikeletek gitu. haha

Hari ke 6 (Selasa, 19 April 2016)

Setelah nginep 2 hari di pattaya, hari ini jadwal kita balik ke Bangkok. Dari hotel kita naik songthaew lagi ke arah walking street, karena di daerah sana ada beberapa agent van menuju pattaya. Setelah cari2, nemu van yg mau berangkat ke Bangkok, harganya 120baht/org. lebih mahal dari harga van kita waktu berangkat dr Bangkok ke pattaya. Tapi ya udahla daripada repot cari2 lagi.

Kita Sampai di Bangkok sekitar jam 1 siang, dituruninnya di daerah Victory Monument lagi, trus kita lanjut naik BTS sampai ke Hotel. Tp kita sempet mampir dulu lunch di deket hotel.

Sampai hotel sekitar jam setengah 3 sore, kita check in ulang dan ambil koper yang kita titip di receptionist, trs kita mandi dan tidurrrrr siang. Gile cape banget, plus diluar panas nyentrong, jd kita bobo dulu lumayan 2 jam. Jam 5 sore gw bangun trus beres2, jam stgah 6 kita berangkat ke Asiatique. Tre, Ferry n Faus belum ada yg pernah ke Asiatique. Jadi baru gw doank yang pernah #BelaguDikit.

Untuk menuju Asiatique ini disediakan boat gratis dari BTS Spahan Taksin, jadi bener2 gampang untuk diakses.

Di post sebelumnya gw pernah bahas kalau ini tempat mirip Clarke Quey Singapore. Tempat nongkrong yang bukanya sore sampe malem, ada restoran, pedagang souvenir, baju2, ada bianglala buat liat view Bangkok, ada permainan gokart jg diarea samping. Ada juga pagar yang digantungin gembok2 cinta. So cute.. ya..menurut gw kalau malam tempat ini romantic, banyak lampu2 jadi kesannya sangat cozy.

Gw ga belanja apa2 disini, karena harganya jelas lebih mahal dari chatucak maupun pasar lainnya. Kita Cuma makan, trus muter2, poto2. Cabut deh, naik boat gratis lagi ke BTS Saphan Taksin. Karena abis ini kita mau ke china town, akhirya kita jegat taksi. Karena ga gitu jauh dari BTS Saphan Taksin ke China Town.

View dr free Boat otw Asiatique

Suasana di Asiatique, Romantis Ya!

Gembok Cinta

Tre, Ferry, Gw, dan Rachel (org korea baru kenal)

Gw bela2in ke china town di malam hari karena gw pikir pasti rame n seru banget banyak yg bisa diliat. Pas nyampe.. iya sih lumayan rame, tapi ga sesuai bayangan gw ya. Haha.. gw lbh suka china town di sing atau di KL. Karena kita uda makan tadi di asiatique dan udah kenyang juga, jadi kita disini ga makan berat lagi. gw Cuma beli jus mangga yang fresh enak banget seharga 50Baht.

Trus uda puas liat2 kita pulang deh ke hotel. Naik taksi lagiiii…

Hari ke 7 (Rabu, 20 April 2016)

Hari ini kita uda mesti pulang ke Jakarta, tapi pesawat kita malem banget jam 9, nyampe Jakarta jam setengah 1 pagi. Wkwk kaga mau rugi banget pokoknya kudu puas keliling Bangkok.

Jujur aja hari terakhir ini tenaga gw uda abis, berasa capeeee banget. Kayaknya gak gw doank, tapi semuanya begitu. Haha

Bangun agak siang, dan kita check out jam 12 pas. Kita titip semua koper di receptionist, karena kita mau jalan2 dulu, jadi ntar sore kita balik lagi ke hotel buat ambil koper.

Kita naik BTS menuju Siam Paragon, di mall ini kita mau beli Garrett popcorn yang tersohor itu. Soalnya pada titip buat oleh2, alias beliin buat dede n keponakan2.

Trus kita masuk ke supermarketnya yg gw lupa namanya apa, and belanja cemilan thailand disini juga buat oleh2.

Kelar belanja kita ke toko buku Kinokuniya Lagi, Tre n Faus demen liat2 buku. Kalo gw duduk aja deh sambil jagain kantong belanjaan wkwkwk

Trus kita lanjut makan, gw, Tre n Ferry makan di Yoshinoya, ada yang pork lohh.. di Indo kan ga ada. Haha Maap ya saya penggila pork. Nah si Faus ga mau makan Yoshinoya, jadi dia makan sendirian di YUM SAAP (lagi dan lagi) ya ampun Faus, u uda dipelet kali tuh sama si YUM SAAP hahaha.. Kita bukannya jaat ga mau nemenin ya, cm kita uda eneg sama yang asem2 pedes.

yosinoya

Yoshinoya Pork with Egg

Kelar makan, kita pindah ke Swensens karena ice cream nya dia nagih banget. Enakkk…

Karena waktu uda menunjukan pukul stgah 5, akhirnya kita balik ke hotel. Ambil koper and langsung otw ke airport naik taksi. Ternyata perjalanan ke Airport muacet loh, ini mah mirip aja sama indo.haha ampe argo kita total 290Baht (inc biaya tol), pdhl pas dateng kemaren argonya cuma 160Baht. T_T

Untung kita ga telat nyampe airport, gw sempet beli subway dulu, kalau2 ntar laper. Bener aja langsung kemakan tuh subway sambil nunggu pesawat. #gragas

Bye bye Bangkok… kali ini oleh2nya kulit gosong. Haha… Ga apa2, gw tetep happy kok. See u soon!

2 thoughts on “Trip to Bangkok – Pattaya – Koh Lan Island (Part 2)

1. Hai selfiyanda..ini aku didi.. Bulan juni aku mau ke bkk.. Boleh minta contact nya untuk tanya2 tentang jalanan di bkk? Karna ini x pertamanya aku ke bkk.. Mohon bimbingannya.. Tq selfiyanda

• @ Didi :

Hi Didi.. wah bulan juni bentar lagi donk. boleh kontak ke line : selvieyanda. tapi aku gak hapal2 banget loh jalanan disana, masih amatiran juga hehe