Review Venue – Putri Duyung Cottage Ballroom Ancol. Really Disappointed!

Langsung aja yaaa.. gw mau review soal venue nikahan gw kemaren di Candi Bentar Hall, Putri Duyung Cottage Ballroom Ancol. Gw nikah tgl 24 April 2017. Dari awal gw liat ini tempat, gw langsung jatuh hati karena.. ballroomnya besar, ceilingnya tinggi, dan ada area semi outdoornya yang langsung hadap laut. Menurut gw ini tempat perfect bgt krn gw suka tempat yang romantis2 dan semi outdoor. Akhirnya kami memilih tempat ini dan langsung DP.

Dari gw kecil gw udah familiar bgt sama putri duyung cottage ini, krn keluarga dulu sering nginep disana. Jadi gw berpikir ini tempat paling pas buat resepsi gw. Krn ancol cukup mudah dijangkau dari berbagai arah. Tamu2 nyokap bokap gw kan dr Bekasi, sedangkan mertua banyakan tamunya dr area Jakarta Barat. Jadi gw pikir pas lah ancol di tengah2. Dengan suasana yang semi2 outdoor, its perfect!

Lanjut lagi ceritanya..

Semenjak deal dan bayar DP, kami merasa kurang cocok dengan pelayanannya krn merasa marketingnya kurang profesional. Kami menghadap managernya, meminta ganti marketing dan akhirnya diberikan marketing yaitu Mbak M (inisial aja ya) yang ternyata sama saja ketidak profesionalannya. Huff.. mo nikah banyak amat ya tantangannya. Pertanyaan yang kami tanyakan suka diabaikan atau dia jawab salah2 asal ceplos aja.

Misalnya : Mba, nti dpt kerupuk ga? Kata dia gak dapat. trus kita bilang.. kalau kita bawa kerupuk sendiri boleh ga? Dia bilang boleh. Jadilah nyokap gw repot2 dirumah goreng kerupuk banyak2.. n ga taunya pas hr H, mereka sediain kerupuk donkkk!!! Kok ya marketing ga koordinasi begitu ya, main asal jawab ampun deh bikin repot orang.

Itu salah satunya aja ya, masih banyak hal2 lain yg model begini yg bikin naik darah. Marketing sangat ga professional, kayak gak pernah di briefing, manajemen berantakan. Kok bisa2nya jawab asal2an ke client. Heran..

Trus, di tanya es gentong bs untuk brp porsi, dia jawabnya ganti2. Awal bilang bisa buat 30 (ngotot pula ngomongnya), trus bilang bisa buat 60. Bukannya bantuin org lagi repot mo nikah. Ini mah malah tambah bikin ribet! Katanya uda bertaun2 kerja disana kok beginian aja ga tau ya. Ngapain aja kemaren2..

Waktu awal2 deal, gw minta surat pemesanan dikirim ke gw. biar gw ada pegangan rincian lengkap apa saja yang gw dapat dalam paket. Lalu si Mba M itu bilang dia akan antar langsung ke kantor gw. Trus gw pikir kok baik amat ini mba nya repot2 mau antar langsung ya.

Taunya ya pas sampe kantor gw, dia memang kasih surat pesanan gw. Tp slain itu dia minta gw isi semacam lembaran mengenai bahwa putri duyung sudah menawakan paketan gathering ke kantor gw. Trus minta di cap kantor! Idihhhh apaan banget inih??? Gw langsung bilang,, “mba kan kesini mo anterin surat pesanan saya utk wedding, ini kan urusan pribadi saya, mana bisa mnt cap kantor!” dia langsung diem trus dia cm minta foto di depan kantor gw yang ada logonya. Seolah2 dia uda jadi sales yg masuk ke kantor2 untuk nawarin paketan gathering putri duyung. Padalah itu smua palsu!!! Dr sini gw makin yakin kalau mereka itu kerjanya ga beressss.

Next…

  • Gw minta Lebar panggung 18 meter dan mereka sudah ok, tp pas hari H sepertinya tidak dikoordinasikan dengan tim gedung. Jadi lebar panggungnya hanya 12 meter (panggung standar mereka). Padahal di TM sudah di sebutkan dan sudah di setujui. Bikin naik darah, bikin mood gw drop. Sumpe ngeselin bgt! 12 meter ke 18 meter kan jauh! Buat apa ada TM waktu itu kl apa yg dibicarakan malah ga dikerjain?? Gw komplen soal ini via whatsapp pas hr H. dan whastapp gw itu tidak dibalas sama sekali oleh yang bersangkutan, bahkan sampai hari ini. Thanks Loh pelayanannya sopan bangetz! Grrr..
  • Gw pesen lontong Medan utk pemberkatan, baru sebentar eh lontongnya habis tp lauknya masih ada banyakkk. Jadilah itu lontong diganti pakai nasi putih. Ehhhh malemnnya keulang lagi. gw pesen Lontong cap gomeh (ini sudah dipesan dari berbulan2 sebelumnya donk pas gw test food), baru sebentar bisa2nya tuh lontongnya habis dan di ganti jadi nasi. Whatt??? Nasi Cap Gomeh emang ada? Udah gila kali ini ya bikin maluuuu aja. Stress!! Tamu gw sampe ngomong loh ke mama mertua kl itu aneh banget si lontong diganti nasi. Masa iya siapin lontong aja ga bisa sih? Gw kan pesen bukan baru 15 menit yg lalu tapi uda berbulan2 sebelumnya loh..
  • Gw bawa pondokan dari luar, dan gw kena cas Rp 1,000,000 dari putri duyung. pihak putri duyung bilang akan dipinjamkan alat dan mangkoknya sebanyak 200 pcs. Pas hr H yang disediakan Cuma 100 pcs. Gila ya bisa2nya begitu.. gw kan byr cas nya. Kenapa yg disediakan ga sesuai dengan janjinya?? Untung aja orang pondokan dr luar ini ada bawa mangkok plastic. Kl gak gimana mba tamu saya makannya. Langsung dr panci gitu?
  • Pas hari gw merid, ternyata ada 2 acara lagi disana selain gw.

Yg pertama yaitu gw di Ballroom Utamanya, yang ke2 di outdoor Restaurant (persis bgt sebelah ballroom gw). Dan yang ke 3 di outdoor deket area Cottage.

And you know what, banyak tamu2 acara sebelah numpang makan di tempat gw donk! Mereka ambil makanan trus dibawa turun ke area acara mereka. Pihak putri duyung hanya memasang pagar yang tidak bisa memprotect acara gw dan akhirnya banyak penyelundup yang menjarah makanan di acara gw. Ini gw ngomong bukan asal ya. Banyak saksi yang bilang ke gw spt itu! Ada juga yg liat mereka ambil dessert di tempat gw sepiring mentrung gak kira2 trus mereka bawa turun ke acara mereka. Alhasil makanan gw cepet banget habis padahal gw pesen banyak yg seharusnya lebih dari cukup untuk semua tamu gw.

Mana ni pertanggung jawaban putri duyung. Kenapa ga mention ke kita kl memang akan ada acara lain disana sehingga kita bs protect lbh ketat!

  • Air putih habis dan gak di refill2. Cici ipar & WO ampe bolak balik ke dapur cuma untuk minta air minum diisi karena banyak tamu yg kehausan tp gak kluar2 tuh air minum. Katanya di dapur ga ada yg cuciin gelasnya jd gelasnya ga bs kluar lagi. Whatt?? Hotel macam apa ini.. seenggaknya jaga2 sediain aqua gelas atau apa kek gitu.

Tamu gw byk yg mau minum gak bisa, malah sampe ada yg anaknya nangis gara2 mau minum ga bisa dan akhirnya mereka cari minum diluar. Kok ya malu2 in banget sih nih hotel. Sgt gak professional menangani acara. Kalau ga bisa handle acara, jangan terima orderan toh Mbak Mas! Apalagi sampe ada 3 acara disana, kelimpungan?? Kurang karayawannya?? Heloowww.. gw bikin acara disana itu bayar ye bukan gratis! masa iya air aja gw kekurangan.

  • Porsi makan tengahnya bener ga sih ni kluarinnya? Kalau dihitung piring oleh panitia konsumsi, piringnya sih bener ya sesuai pesenan. tapi Kok ya endingnya piringnya masih banyak tp lauknya uda abis duluan.. aneh yaaaaa.. ini apa mereka itungan porsi buat anak TK kali ya??? Ini gw dicurangin apa gmn ya..
  • Beberapa stall sudah dibuka duluan padahal belum waktunya makan. Kok main dikasih aja makanannya, hrsnya dijagain dulu donk, ntah bagaimana deh itu penjagaan dari mas2nya yg jaga stall, atau memang tamunya uda pada laper banget ya..

Itu hasil review gw yang menurut gw cukup parah, gw jadi agak nyesel bikin acara disana. Krn manajemennya berantakan. Overall diluar itu semua, rasa makanan cukup enak. pondokan juga enak, terutama Salmon Mozarella dan kambing gulingnya banyak yg bilang enak. Hanya saja porsinya gw kurang tau ya yang dikeluarin bener apa ga sesuai yg gw pesen, krn pondokannya katanya cepet banget ludes.

Hr H gw cuma bisa pasrah dipanggung, yg akan terjadi terjadilah gw pikir toh gw ga bs apa2 lagi. haha..

Apa yang gw tulis diatas itu adalah yg benar2 terjadi sama gw, tidak dilebih2kan dan tidak dikurang2in. kalau pihak putri duyung bilang bahwa hal-hal spt diatas tidak pernah terjadi sebelumnya, gw gak mau denger karena buktinya ini kejadian di gw. Gw tulis ini menurut pengalaman gw. Putri Duyung udah bikin malu gw dan keluarga. Karena acara nikah gw jadi berantakan karena manajemen mereka yang ga beres. Yahhh mudah2an aja apa yang terjadi sama gw ini, tidak terjadi pada kalian yang mungkin mau bikin acara disana. Sayang banget tempat bagus tapi tidak didukung oleh sumber daya manusia yang bagus.

Bbrp hari selesai acara, Mama mertua gw akhirnya tlp ke Mba M untuk komplen knp hal2 tersebut bs terjadi, mulai dr porsi makanan yg harusnya bisa lebih dari cukup kl dihitung secara logikaapakah ada kecurangan disini?? Sampai air minum yang kehabisan.. tetapi jawaban dr mereka malah bikin naik darah. Sangat tidak professional! Mama mertua gw yang jarang marah, jd ngomel2 sampai bilang “kamu yang sopan ya kalau ngomong sama orang tua!” kebayang kan betapa ga profesionalnya mereka menangani client. Ckckck..

Untuk vendor lainnya akan gw usahain review secepatnya ya… yang bagus akan gw bilang bagus. Yg kurang akan gw bilang kurang. ini semua opini gw pribadi ya. kalau ada yang merasa kurang setuju atau bagaimana ya gak apa apa juga. gw akan berusaha adil, kl memang bagus, malah gw pasti akan promosiin ke temen2 lain yang mungkin mau merid. =D ciaouuu muach

Advertisements

8 thoughts on “Review Venue – Putri Duyung Cottage Ballroom Ancol. Really Disappointed!

    • @ Kristine

      haiii.. salam kenal juga. iya nanti vendor selanjutnya di review ya. tunggu tanggal mainnya.. #halah haha

      ooo km kobexindo ya.. i see. smoga lancar2 yaa =D

  1. OMG, Gila gila parah bgttttt itu venue…
    Padahal klo liat dr photo2 yg di post di IG everything looks perfect lho..
    Tapi semua udah kelar perjuangan persiapan selama ini uda lewat..
    Congratulation yahhh, Happy Wedding.. Happily ever after selvie….
    🙂

    • @ Stevanie Tan

      haha.. poto yg di IG kan paling cuma kliatan dekor aja. makanannya kaga keliatan =D

      Selebihnya oke kok sbnrnya.. cm dr sisi venue aja ni yang rada2 (>,<)

      Thanks yaaa..

    • @ Nie :

      Iyaaa.. pdhl sblm hr H, aku uda sebisa mungkin aturin gmn biar smuanya biar bisa bagus perfect. haha.. nasib ya (T_T)
      Tp untung vendor lainnya rata2 oke smua, jd aku masih ketolong hehe..

  2. Waduh seriusan nih sist…
    Tahun depan g disana lg dan marketingnya dg initial yg sama lg M.
    Any clue or tips byat ngadepin ke tidak profesional dia sist?

    • @ Fri :

      hai… sebenernya apa yang terjadi di aku belum tentu terjadi di orang lain sih, termasuk kamu. mungkin aja akunya yang lagi sue banget bisa sampai kejadian spt ini..

      Tipsnya apa ya. haha.. Clear in aja semua dari awal, pastikan semua informasi yg mereka sampaikan ke kamu itu adl BENAR dan akan dikerjakan pas hari H.
      Sampaikan sedetail mungkin apa yang kamu mau, dan kamu yg lebih proaktif untuk follow up mereka.
      Trus kalau km pakai WO, mnt tolong mereka untuk benar2 bantu perhatikan setiap detailnya. =D
      Semoga lancar2 ya sis.. hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s